CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Halaman

Kamis, 31 Oktober 2013

PENDIDIKAN BIOLOGI
 
 
 
 
 
Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jember mengadakan studi lapang di Pantai bama di wilayah Taman Nasional Baluran. Berikut laporan Kedawung Senja untuk www.unej.ac.id
Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jember tidak pernah putus bercengkerama dengan alam. Akhir pekan kedua bulan ini, Sabtu dan Minggu (10 s.d. 11 Desember 2011), mahasiswa Pendidikan Biologi mengadakan studi lapang ke Pantai Bama Taman Nasional Baluran. Studi lapang tersebut merupakan program akhir dari mata kuliah Taksonomi Hewan Invertebrata di Semester ganjil ini. Program studi lapang ini bertajuk Identifikasi Keanekaragaman Invertebrata di Pantai Bama Taman Nasional Baluran.
Lingkungan di daerah tropika merupakan kajian menarik dan memiliki kelebihan-kelebihan bila dibandingkan dengan daerah lain. Di daerah tropika perubahan musiman tidak terjadi secara ekstrim dan pada umumnya sebagian besar flora dan fauna tetap hidup sepanjang tahun. Di sisi lain Taman Nasional Baluran (TNB) yang memiliki luas sekitar 25.000 Ha merupakan salah satu kawasan Taman Nasional yang sangat menarik. TNB selain berfungsi sebagai tempat penelitian juga berfungsi sebagai tempat rekreasi selain tentunya sebagai daerah penyangga dan daerah konservasi keanekaraagaman genetik. Pantai Bama TNB menyimpan berbagai keanekaragaman plasma nutfah hewan-hewan Invertebrata laut. Hampir sebagian besar kelompok Invertebarata terdapat di tempat ini. Mulai dari Phylum Porifera, Coelenterata, Mollusca, Arthropoda, dan Echinodermata. Maka tak ayal jika Program Studi Pendidikan Biologi telah percaya sepenuhnya kepada Pantai Bama sebagai khasanah alam yang kaya ragam invertebrata dan sangat berbobot dalam menyajikan pengetahuan di dalamnya.

0 komentar:

Posting Komentar